Kamis, 22 Januari 2009


(DESKRIPSI SINGKAT TENTANG PROSES PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAP


(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas 5 SDS Tiara School Pondok Kelapa, 2008 )


IDENTIFIKASI MASALAH


Identifikasi masalah melibatkan tiga aspek yaitu siswa, guru, dan kurikulum. Masalah yang ditemukan adalah siswa mengalami kesulitan dalam menulis karangan.

Solusi yang ditetapkan adalah mengganti model atau teknik pembelajaran tradisional/lama dengan teknik terbaru yaitu mind map (pemetaan pikiran).



RUMUSAN MASALAH

Bagaimana meningkatkan keterampilan menulis karangan dengan menggunakan teknik mind map?


TEORI YANG DIGUNAKAN

  • Keterampilan menulis

  • Karangan

  • karakteristik siswa ditinjau dari aspek psikolinguistik

  • Mind Map

  • Faktor-faktor yang dapat meningkatkan keterampilan menulis

MODEL SIKLUS YANG DIGUNAKAN

Model Kemmis dan Taggart.


DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Terbagi dalam dua siklus

Siklus I terdiri dari empat kali pertemuan : tiga kali penilaian mind map dan dua kali penilaian karangan siswa.

Siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan : satu kali penilaian mind map dan karangan siswa.

HASIL PENELITIAN

Target pencapaian : Jika 75 % dari jumlah siswa mencapai nilai 70 maka dikatakan berhasil. Dengan demikian siklus dihentikan.


Siklus I :

  • Mind Map : 78 % siswa mencapai nilai 70 atau lebih.

  • Karangan : 71 % siswa mencapai nilai 70 atau lebih.

Dengan demikian siklus I ditetapkan belum berhasil. Maka dilanjutkan pada siklus II.


Siklus II :

  • Mind Map : 95 % siswa mencapai nilai 70 atau lebih.

  • Karangan : 95 % siswa mencapai nilai 70 atau lebih.


Dengan demikian Siklus I ditetapkan berhasil. Maka siklus dihentikan.

Written By : Sriwahyuni.K









Tidak ada komentar:

Posting Komentar